- Muncul Cairan Kecoklatan Dari Vagina, Berbahayakah?: Payudara Terasa Keras & Padat, Ini Perlu Kamu Waspadai

Jumat, 21 Juli 2017

Payudara Terasa Keras & Padat, Ini Perlu Kamu Waspadai

Payudara Terasa Keras & Padat, Ini  Perlu Kamu Waspadai,- Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang paling menakutkan bagi wanita. Jangan salah, kanker payudara tak hanya berbahaya bagi wanita tetapi juga untuk pria. Meski diketahui sebagai penyakit mematikan, namun kanker payudara sebenarnya bisa dicegah. Menurut John Hopkins Medical Center sekitar 40 persen kanker payudara ditemukan oleh pasien sendiri melalui cek payudara rutin.

Mengetahui adanya benjolan pada payudara sejak dini, meski tak selalu berarti kanker, juga bisa menyelamatkan hidup wanita. Karena itu sangat penting untuk melakukan pengecekan payudara sendiri secara teratur. Jangan menunggu pemeriksaan rutin per tahun dengan dokter.

Ada banyak hal yang menyebabkan munculnya benjolan di payudara. Beberapa hanya tumor jinak yang tak akan berkembang menjadi kanker, namun beberapa juga bisa menjadi berbahaya jika dibiarkan dan tidak ditemukan dalam jangka waktu yang lama. Sementara itu, ada juga benjolan yang sejak awal memang sudah berbentuk kanker pada payudara.

Untuk mengetahui apakah payudara Anda bebas dari segala bentuk tumor dan kanker, lakukan beberapa cara ini untuk mengecek payudara secara teratur,

Berbaring
Letakkan bantal di bawah pundak kanan Anda dan letakkan lengan kanan di belakang kepala. Gunakan tangan kiri untuk melakukan pemeriksaan pada payudara sebelah kanan. Lakukan gerakan melingkar dari bagian luar payudara ke dalam, sama seperti cara nomor satu. Cek juga bagian samping payudara dan ketiak. Coba juga untuk menekan puting, jika terdapat cairan aneh yang keluar atau benjolan. Lakukan langkah yang sama dengan payudara sebelah kiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar