- Muncul Cairan Kecoklatan Dari Vagina, Berbahayakah?: Masalah gigi yang sering dialami penderita diabetes

Senin, 25 Juni 2018

Masalah gigi yang sering dialami penderita diabetes

Masalah gigi yang sering dialami penderita diabetes,- Apakah kesehatan mulut dan gigi berbeda bagi orang biasa dan penderita diabetes? Jawabannya, iya. Dr Shalini Jaggi, seorang konsultan senior di Sri Balaji Action Medical Institute menjelaskan bahwa penderita diabetes lebih rentan mengalami masalah gigi.

"Peningkatan glukosa membuat bakteri berkumpul dalam mulut dan berkembang biak. Ini menyebabkan kerusakan sel darah putih yang menjadi pelindung tubuh dari serangan bakteri dalam mulut. Penderita diabetes yang merokok bahkan lebih berisiko terkena penyakit gigi," jelasnya.

Beberapa penyakit gigi dan mulut yang bisa menjangkit penderita diabetes, antara lain:

Pembengkakan gusi (Gingivitis)
Gingivitis dan periodontitis kronis adalah kondisi pembengkakan yang wajar dan biasanya merupakan pertanda diabetes. Orang yang mengalami penyakit ini bisa mengalami kerusakan tulang penyangga gigi yang menyebabkan gigi lepas. Diabetes yang tidak terkontrol membuat penyakit gingivitis dan periodontitis menjadi semakin parah.

Penyembuhan lambat
Penderita diabetes yang tidak terkontrol biasanya memiliki tingkat penyembuhan yang lebih lama ketika mengalami sakit gigi. Hal ini disebabkan oleh terbatasnya aliran darah pada mulut. Bagi penderita diabetes, penyembuhan luka yang lama adalah hal yang biasa terjadi.

Mulut kering
Salah satu penyakit mulut yang sering dialami penderita diabetes adalah mulut kering. Ini terjadi ketika kadar air liur tak cukup untuk melembapkan mulut. Padahal, air liur untuk melembapkan mulut sangat penting bagi kesehatan dan kenyamanan. Mulut yang kering bisa menjadi ladang subur bagi bakteri untuk tumbuh dan berkembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar